3 Mei 2013

2.5 Pengertian Laporan Komitmen dan Kontijensi



>  >   Pengertian Laporan Komitmen
Komitmen bank adalah suatu ikatan atau kontrak atau berupa janji yang tidak dapat dibatalkan (irrevocable) secara sepihak oleh bank baik dalam rupiah maupun valuta asing, Komitmen disajikan dalam laporan komitmen dan kontijensi tanpa pos lawan. Tagihan komitmen antara lain : Fasilitas pinjaman yang diterima dari pihak lain yang belum ditarik posisi pembelian valuta asing dll. Komitmen adalah suatu perikatan atau kontrak berupa janji yang tidak dapat dibatalkan secara satu pihak.

>  Pengertian Laporan Kontijensi
Kontinjensi adalah suatu keadaan yang masih diliputi ketidakpastian mengenai kemungkinan diperolehnya laba atau rugi oleh suatu perusahaan, yang baru akan terselesaikan dengan terjadi atau tidak terjadinya satu atau lebih peristiwa dimasa yang akan datang. Pengungkapan akan peristiwa kontinjensi diharuskan dalam laporan keuangan.
Kontinjensi atau lebih dikenal dengan peristiwa atau transaksi yang mengandung syarat merupakan transaksi yang paling banyak ditemukan dalam kegiatan bank sehari-hari. Kontinjensi yang dimiliki oleh suatu bank dapat berakibat tagihan atau kewajiban bagi bank yang bersangkutan.
Istilah kewajiban bersyarat digunakan untuk menyatakan kewajiban yang kemungkinan timbulnya tergantung pada terjadi atau tidaknya suatu peristiwa dimasa yang akan datang, dan dengan demikian pada tanggal neraca belum terdapat kepastian mengenai ada tidaknya kewajiban tersebut. Dalam perkembangan akuntansi, bidang yang paling awal berkembang adalah akuntansi keuangan. Seiring dengan perkembangan industri yang sangat pesat karena kebutuhan akan informasi, maka berkembanglah bidang-bidang lain, seperti akuntansi biaya, akuntansi manajemen, auditing, akuntansi perpajakan, akuntansi sektor publik, sistem informasi akuntansi, akuntansi keperilakuan dan perkembangan terakhir khususnya di Indonesia adanya konsep akuntansi syariah. Bidang akutansi dapat dipandang dari berbagai sudut pandang sehingga memperkaya bidang akuntansi. Akuntansi manajemen menghasilkan informasi untuk pihak internal perusahan (internal user), sedangkan akuntansi keuangan menghasilkan informasi untuk pihak eksternal perusahaan (external user).
Ø   Isi / Elemen Laporan Komitmen dan Kontijensi
a.       Tagihan Kontingensi
1.        Garansi dari bank lain
1.1   Bank Garansi
1.2   Jaminan Risk Sharing
1.3   Jaminan Lainnya
2.       Pembelian Opsi Valuta Asing
3.       Pendapatan bunga dalam penyelesaian Jumlah Tagihan Kontinjen
b.      Kewajiban Kontingensi
1.        Garansi yang diberikan
1.1   Penerbitan Jaminan
1.1.1          Bank Garansi
1.1.2          Risk Sharing
1.1.3          Standby L/C
1.1.4          Bid Bonds
1.1.5          Lainnya
1.2   Akseptasi atau endosmen surat berharga
1.3   Lainnya
2.       L/C yang revocable dan masih berjalan dalam rangka impor ekspor
3.       Penjualan Opsi Valuta Asing

>  >  Contoh Laporan Komitmen dan Kontijensi



Sumber :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar