19 November 2012

Pengembangan Sistem


Sistem ialah kumpulan dari komponen-komponen yang berhubungan yang berinteraksi untuk melakukan suatu tugas guna mencapai suatu tujuan. Sekalipun tidak bekerja dengan sangat baik, tetap saja merupakan suatu system.
Tujuan analisis dan desain system adalah untuk memastikan bagaimana suatu system bekerja dan kemudian mengambiltindakan untuk menjadikannya lebih baik.

Ø  Siklus Hidup Pengembangan Sistem
Pengembangan sistem informsi yang berbasis komputer dapat merupakan tugas kompleks yang membutuhkan banyak sumber daya dan dapat memakan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk menyelesaikannya. Proses pengembangan sistem melewati beberapa tahapan dari mulai sistem itu direncanakan sampai dengan sistem tersebut diterapkan, dioperasikan dan dipelihara. Bila operasi sistem yang sudah dikembangkan masih timbul kembali permasalahan-permasalahan kritis serta tidak dapat diatasi dalam tahap pemeliharaan sistem, maka perlu dikembangkan kembali suatu sistem untuk mengatasinya dan proses ini kembali ke tahap yang pertama, yaitu tahap perencanaan sistem. Siklus ini disebut dengan siklus hidup suatu sistem (systems life cycle). Daur atau siklus hidup dari pengembangan sistem merupakan suatu bentuk yang digunakan untuk menggambarkan tahapan utama dan langkah-langkah di dala tahapan tersebut dalam proses pengembangannya.

Ø  Standar – standar Komunikasi
Tinjauan atas Dokumentasi Pengembangan Sistem Studi Kelayakan
Studi Kelayakan adalah analisis yang digunakan untuk menentukan apakah proyek layak dipertimbangkan atau tidak. Tujuan umum studi kelayakan adalah untuk menjawab seluruh pertanyaan kelayakan teknis, ekonomis, dan operasional.

Ø  Teknologi dan Praktik Pengembagan Sistem
Analisis / pemograman dengan cara perancangan dan pengkodean program dan pengorganisasian personel-personel:
·         Pemrogaman terstruktur: Konsep yang berkaitan dengan gaya pemrogaman umum, tim, bantuan teknis.
·         Computer-Aided Software Engineering (CASE): Merupakan proses yang menggunakan teknologi perangkat lunak computer yang menunjang bidang rekayasa otomatis untuk mengembangkan dan memelihara perangkat lunak.
Repositori, peralatan pengdiagraman, pemferifikasi syntax, prototyping, pembuatan kode, manajemen proyek.
·         Prototyping: Merupakan proses iterative, kebutuhan-kebutuhan awal si pemakai diestimasikan, diimplementasikan di dalam prototype system.

Keuntungan teknologi berorientasi obyek

Dengan pemrogaman berdasarkan obyek, fungsi-fungsi umum didefinisikan sebagai obyek dan disimpan dalam repository. Obyek induk memuat kode fungsi-fungsi umum, sub-obyek tidak membutuhkan pengembangan kode sendiri untuk fungsi umum seperti yang diwarisi dari induknya, jika anak yang baru (yaitu obyek) perlu dikembangkan, dapat diwarisi dan juga dipakai ulang dari kode yang tersimpan dalam obyek induk.
Terdapat 4 tahap atau langkah umum dalam analisis sistem :
1.    Survey sistem berjalan
2.    Mengidentifikasi kebutuhan informasi pemakai
3.    Mengidentifikasi kebutuhan sistem yang perlu untuk memenuhi
kebutuhan
4.    Penyajian laporan analisis sistem

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar