Siklus Produksi
Siklus
hidup produk manajemen
(atau PLCM) adalah
suksesi strategi yang digunakan oleh manajemen bisnis sebagai produk berjalan
melalui siklus hidup-nya. Kondisi di mana suatu produk dijual (iklan, saturasi)
perubahan dari waktu ke waktu dan harus dikelola sebagai bergerak melalui tahap
suksesi nya.
Siklus
hidup produk (PLC)
Seperti manusia, produk juga memiliki busur. Dari lahir sampai mati, manusia
melewati berbagai tahap misalnya kelahiran, pertumbuhan, kematangan, penurunan
dan kematian. Sebuah siklus hidup serupa terlihat dalam hal produk. Siklus
hidup produk berjalan melalui beberapa tahap, melibatkan disiplin profesional
banyak, dan membutuhkan banyak keterampilan, alat dan proses. Siklus hidup
produk (PLC) harus dilakukan dengan kehidupan sebuah produk di pasar sehubungan
dengan bisnis / komersial dan biaya langkah-langkah penjualan. Untuk mengatakan
bahwa suatu produk memiliki siklus hidup adalah untuk menegaskan tiga hal:
·
Produk
memiliki hidup yang terbatas,
- Penjualan produk melalui tahap yang berbeda, masing-masing tantangan yang berbeda berpose, peluang, dan masalah kepada penjual,
- Produk memerlukan pemasaran yang berbeda, pembiayaan, manufaktur, pembelian, dan strategi sumber daya manusia di setiap tahap siklus hidup.
Empat tahap utama siklus hidup
produk dan karakteristik yang menyertainya adalah:
1.
Pasar
tahap pengenalan
·
> biaya sangat tinggi
· > penjualan lambat untuk memulai
·
> sedikit atau tidak ada persaingan
·
> permintaan harus dibuat
·
> pelanggan
harus diminta untuk mencoba produk
·
> membuat
uang pada tahap ini
2.
Pertumbuhan tahap
·
> mengurangi
biaya karena skala ekonomi
·
> volume
penjualan meningkat secara signifikan
·
> mulai
meningkat
·
> meningkatkan
kesadaran publik
·
> kompetisi
mulai meningkat dengan pemain baru dalam membangun pasar
·
> persaingan
yang meningkat menyebabkan penurunan harga
3. Kematangan
tahap
·
> biaya
diturunkan sebagai akibat dari volume produksi meningkat dan mengalami efek
kurva
·
> puncak
volume penjualan dan kejenuhan pasar tercapai
·
> peningkatan
pesaing memasuki pasar
·
> harga
cenderung turun karena proliferasi produk yang bersaing
·
> merek
dan diversifikasi fitur ditekankan untuk memelihara atau meningkatkan pangsa
pasar
·
> Keuntungan
industri turun
4. Tahap
penurunan
· > biaya
menjadi kontra-optimal
·
> penurunan
volume penjualan
·
> harga,
mengurangi profitabilitas
·
> keuntungan
menjadi lebih tantangan produksi / distribusi efisiensi dari penjualan
meningkat
Siklus keuangan
Manajemen keuangan dimulai
dengan tujuan yang jelas proyek. Tujuan ini digunakan untuk mengembangkan
sebuah rencana tindakan untuk mencapai mereka - rencana yang realistis, dapat
dinilai dan merupakan cara yang paling efisien untuk mencapai tujuan. Rencana
ini diterjemahkan ke dalam anggaran yang memberikan sumber daya untuk setiap
aktivitas - penyusunan anggaran akan memberikan informasi tambahan tentang
setiap aktivitas yang dapat menyebabkan rencana harus diubah. Ketika ini bagian
dari siklus selesai, akan ada anggaran singkat yang mengalokasikan sumber daya
untuk setiap aktivitas. Tujuannya adalah untuk membuat anggaran yang akan
sedekat mungkin dengan operasi proyek yang sebenarnya.
Ketika proyek dimulai,
akuntansi juga dimulai. Catatan akuntansi dan laporan pada semua transaksi
keuangan. Ada dua jenis akuntansi - akuntansi organisasi formal yang dilakukan
oleh bagian akuntansi organisasi dan manajemen akuntansi dilakukan oleh manajer
proyek. Secara periodik, seluruh proyek, manajer transfer informasi dari
laporan akuntansi ke dalam anggaran. Selama fase ini manajer terus menerus
membandingkan proyeksi anggaran dengan hasil aktual dari akuntansi. Kegiatan
ini dapat menyebabkan intervensi manajemen dalam proyek untuk menangani
bidang-bidang yang menjadi perhatian.
Akhirnya, pada akhir proyek,
manajer bersama dengan personil akuntansi akan menghasilkan serangkaian laporan
hasil keuangan proyek. Laporan-laporan ini akan dimasukkan ke dalam laporan
keseluruhan proyek dan memberikan informasi berharga untuk membantu dalam
pengembangan proyek-proyek masa depan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar