19 November 2012

Pengembangan Keputusan dan Laporan


Istilah manajemen,terjemahanya dalam bahasa Indonesia hingga saat ini belum ada keseragaman.Bebagi istilah yang dipergunakan,seperti ketatalaksanaan,manjeme,management,dan pengurusan.Bila kita mempelajari literature manajemen,maka akan ditemukan bahwa instilah manajemen mengandung tiga pengertian,yaitu pertama,manajemen sebagai suatu proses,kedua,manajeme sbagai kolekifitas sebagai suatu ilmu.

Organisasi dalam manajemen merupakan elemen yang harus ada,karena manajemen itu bisa berlangsung jika ada organisasi yang menjadi media aktifitas manajemen.Organizing dimaksud mengelompokan kegiatan yang diperlukan untuk penetapan susunan organisasi serta tugas dan fugsi-fungsi setiap unit yang ada dalam organisasi,serta menetapkan kedudukan dan sifat hubungan antara masing-masing unit tersebut.

Organisasi atau pengorganissian dapat pula dirumuskan sebagai aktivitas manajemen dalam pengelompokan orang-orang serta penetapan tugas-tugas,fungsi,wewenang,serta tanggung jawawab masing-masing dengan tujuan terciptanya aktivitaas-aktivitas yang berdaya guna dan berhasil guna dalam mencapai tujuan yang telah diteyapkan terlebih dahulu.

Directing atau commanding adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha member bimbingan,saran,perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalama melaksanakan tugas masing-masing,agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan.Merupakan fungsi manajemen yang dapat berfungsi bukan saja agar pegawai melaksanakan atau tidak melaksanakan suatu kegiatan,tetapi dapat pula berfungsi mengkoordinasi kegiatan berbagai unsure organisasi agar efektif tertuju pada realisasi tujuan yang ditetapkan sebelumnya.

Coordinating atau mengkoordinasi merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan,percekcokan,kekosongan kegiatan,dengan jalan mengubungkan,menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerjasama yang terarah dalam usaha mecapai tujuan organisasi.Usaha yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan itu,antara lain dengan member instruksi,perintah,mengadakan pertemuan untuk memberikan penjelasan,bimbingan atau nasihat,dan mengadakan pelatihan dan bila perlu memberikan teguran.

Motivating atau pemotivasian kegiatan merupakan salah satu fungsi manajemen berupa pemberian inspirasi,semangat dan dorongan kepada bawahan,agar bawahan melakukan pekerjaan secara sukarela sessuai apa yang dikehendaki atasan.Pemberian inspirasi,semangat dan dorongan oleh atasn kepada bawahan ditujukan agar bawahan bertambah kegiatan,atau mereka lebih bersemangat melaksanakan tugas-tugas sehingga mereka lebih berdaya guna dan berhasill guna.

Controling atau pengawasan sering juga disebut pengendalian adalah merupakan salah satu fungsi manajemen yang berupa mengadakan penilaian,bila perlu mengadakan koreksi sehingga apa yang dilakuakan bawahan dapat diarahkan kejalan yang benar dengan maksud tercapai tujuan yang telah direncanakan pada waktu sebeumnya.Dalam melaksanakan kegiatan controlling,atasan mengadakan pemeriksaan,pencocokan,serta mengusahakan agar kegiatan kegiatan yang telah dilaksanakan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan serta tujuan yang ingin dicapai.

Reporting atau pelaporan adalah salah satu fungsi manajemen yang berupa penyampaian pengembagan atau hasil kegiatan atau pemberian keteranagan mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi,baik secara lisan maupun tulisan sehingga dalam pemberian laporan dapat memperolh gambaran bagai mana pelaksanaan tugas orang yang mrmberikan laporan.

Walaupun sudah disebutkan bahwa fungsi-fungsi manajemen mencakup seluruh kegiatan yang harus dilakukan,namun ole karena yang satu kadang-kadang menackup yang lain dan pada akhirnya sebuah report atau laporan menjadi sesuatu yang penting dan harus dilakukan oleh seorang manjemen / manajer yang dalam beberapa kegiatannya merupakan keputusan-keptusan atau decision yang harus diambil sehingga dapat melanjutkan rencana aktivitas berikutnya dengan tetap tujuan suatu organisasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar