10 November 2011

Model Sistem Umum Perusahaan

I. PENDAHULUAN

Model itu sendiri adalah rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi.


Jenis-jenis model :
Terdapat empat jenis model dasar, yaitu :
1. Model fisik, gambaran entitas dalam bentuk 3 dimensi.
2. Model naratif, gambaran entitasnya secara lisan atau tulisan. Model ini sering digunakan para manajer, namun jarang dikenali sebagai suatu model.
3. Model grafik, gambaran entitasnya dengan sejumlah garis, symbol atau bentuk.
4. Model matematika, gambaran dalam bentuk Model matematika yang digunakan para manajer bisnis umumnya tidak lebih rumit daripada model yang biasa digunakan dalam matematika. 


Kegunaan Model : 

1.       > Mempermudah Pengertian, suatu model pasti lebih sederhana dari pada entitasnya. Entitas lebih mudah dimengerti jika elemen-elemennya dan hubungannya disajikan dalam cara yang sederhana.

2.    > Mempermudah Komunikasi, setelah problem solver mengerti entitasnya, pengertian itu sering pula dikomunikasikan pada orang lain.

3.    > Memperkirakan Masa Depan, ketelitian dalam menggambarkan entitas membuat model matematika dapat memberikan kemampuan yang tidak dapat disediakan model-model jenis lain.


II. PEMBAHASAN 
 
Model Sistem Umum Perusahaan

Sistem Fisik, merupakan sistem terbuka yang berhubungan dengan lingkungannya melalui arus sumber daya fisik.

  
Arus sumber daya fisik yang mengalir :
1. Arus material
2. Arus personil
3. Arus Mesin
4. Arus Uang
Menunjukkan sistem fisik dari perusahaan yang menstranformasikan sumber input menjadi sumber output. Sumber input berasal dari lingkungan perusahaan, kemudian di transformaikan da sumber dikembalikan ke lingkungan yang sama. Sistem fisik perusahaan merupakan sistem terbuka yang berinteraksi dengan lingkungan dengan arus sumber fisik.

Sistem Konsep 
a. Sistem simpul tertutup : adalah sistem yang mempunyai simpul  feedback dan mekanisme kontrol. Sistem ini pemanas yang di kontrol oleh thermostat sesuai dengan diagram.
b. kontrol manajemen : manajemen menerima informasi yang menjelaskan outpit sistem. Tujuan utama perusahaan sebagai sebuah sistem adalah keberhasilan beberapa jenis output,maka ukuran dari noutput merupakan bagian integral dari kontrol sistem. 
c. Sistem  simpul terbuka  : adalah jika sebuah sistem tidak mempunyai simpul feedback  atau mekanisme.tak ada feedback dari sistem tersebut untuk mempengaruhi perubahan yang penting dalam sistem.
 
 Penggunaan Model Sistem Umum
 Arus bahan melalui perusahaan manufaktur dan kontrol yang dilakukan oleh manajer, seperti yag digambarkan oleh model sistem umum keduanya sangat jelas tidak begitu mudah untuk menghubungkan model tersebut ke jenis perusahaan yang lain. 
III. KESIMPULAN 
Jadi  model sistem umum dari perusahaan dapat digunakan memahami susunan sistem fisik perusahaan maupun sistem konsep dan cara mereka terhubung.

IV. DAFTAR PUSTAKA
Ø


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar