23 November 2011

Dasar-dasar Pemrosesan Komputer

I. PENDAHULUAN

Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama,serta membentuk sebuah system kerja yang rapi dan teliti.sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis,berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.
Definisi yang ada memberi makna bahwa computer memiliki lebih dari satu bagian yang saling bekerja sama,dan bagian-bagian itu baru bias bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya.istilah mengenai kelompok mesin,ataupun istilah mengenai jutaan komponen kemudian dikenal sebagai hardwere computer atau perangkat keras computer.
Hardwere computer juga dapat diartikan sebagi peralatan fisik dari computer itu sendiri.peralatan yang secara fisik dapat dilihat,dipegang,ataupun dipindahkan.program ini bias berupa suatu prosedur pengoprasian data yang telah ditetapkan sebelumnya.dan program-progam inilah yang kemudian disebut sebagai softwere computer atau perangkat lunak computer.
Konsep hardwere-softwere-brainwere adalah merupakan konsep tri-tunggal yang tidak bias dipisahkan satu dengan lainnya.untuk tahap pertama,manusia harus memasukkan program terlebih dahulu kedalam computer.
II. PEMBAHASAN
a. Arsitektur Komputer

Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.
Peralatan Input : Perangkat input adalah perangkat yang dapat memasukan data dan perintah kepada komputer untuk kebutuhan lebih lanjut. Input juga dibagi dua yaitu input sinyal dan maintenance. Input sinyal adalah data atau program yang dimasukkan kedalam sistem komputer. Sedangkan maintenace adalah program yang digunakan untuk mengolah data input sinyal. Contoh-contoh perangkat input :

a. Keyboard
Keyboard ditemukan  oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh perusahaan Remington. Keyboard adalah papan ketik yang berfungsi sebagai media interaksi antara user dengan mesin. Merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tuts.

b. Mouse
Mouse ditemukan pertama kali oleh Douglas Engelbert. Penunjuk (pointer) yang dapat digerakkan kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Mouse memiliki sensor untuk mengetahui kemana arah yang dikehendaki oleh pemakainya. Sensor ini diantaranya adalah melalui bola dan cahaya. Untuk mouse yang memiliki sensor dengan menggunakan bola, jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat di belakang mouse, maka akan terlihat 2 pengendali gerak di dalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas dan mengendalikan pergerakan penunjuk, yang satu searah horisontal (mendatar) dan satu lagi vertikal (atas dan bawah).
Pada sebagian besar mouse terdapat tiga tombol, tetapi umumnya hanya dua
tombol yang berfungsi, yaitu tombol paling kiri dan yang paling kanan.
Namun ada tombol ketiga yaitu tombol scroll. Tombol ini berguna untuk menaik-turunkan jendela windows.

c. Joystick
Masukan berupa tongkat yang menangkap gerakan-gerakan dinamis dan mengubah gerakan tersebut menjadi data untuk diolah komputer. Joystick disebut juga penggerak petunjuk. Joystick biasanya digunakan sebagai alat permainan.

d. Scanner
Scanner banyak digunakan untuk memindai gambar tulisan atau objek benda kedalam format elektronik sehingga dapat diolah komputer. Scanner akan mengukur cahaya untuk memperoleh image. Umumnya kualitas scanner dilihat pada kualitas gambar yang dihasilkan.

Pemrosesan Pusat dan Penyimpanan Sekunder
a. Penyimpanan Primer
Biasanya disebut main memory, ukuran kapasitas penyimpanan primer yaitu :

b. Penyimpanan Sekunder

> Pita Magnetik : Reel Tape dan Tape Cartridge
> Hard Disk : Removable dan Non Removable
> Floppy Disk
> Piringan Optik : CD, DVD
> USB Flash Disk
> Smart Card
> Kartu Memori


Bentuk Penyimpanan Sekunder :
1. RAM (Random Access Memory), jenis penyimpanan primer yang mudah hilang (volatile) karena data akan hilang jika listrik padam.
2. ROM (Read Only Memory) , jenis penyimpanan sekunder yang bersifat non-volatile karena data disimpan secara permanen dan jika listrik padam data tidak akan hilang.
3. Cache Memory, merupakan RAM khusus yang bekerja sangat cepat dan digunakan untuk membantu RAM biasa dalam proses data.




Pelaratan Output
Dibagi menjadi dua, yaitu :
1. Softcopy, terdiri dari dua jenis :
> Monitor : CRT dan Layar Datar (LCD, EL, Plasma)
> Audio

2. HardCopy, terdiri dari :
> Printer : Impact, Thermal, Inkjet, Laser, Multifungsi
> Plotter : Pena, Electrostatis, Thermal, Pemotong, Format Lebar
> Computer Output Microfilm (COM)


b. Software
Software dibagi menjadi dua, yaitu :

Perangkat Lunak Sistem : Perangkat lunak yang melaksanakan tugas-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai computer.
Ada 3 jenis dasar perangkat lunak sistem :


Sistem Operasi : berfungsi sebagai interface antara pemakai, perangkat lunak yang memproses data perusahaan dan perangkat keras. Contoh : Windows XP, DOS, UNIX.
Ada 6 fungsi dasar sistem operasi :
1. Menjadwalkan tugas
2. Mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak
3. Menjaga keamanan sistem
4. Memungkinkan pembagian sumber daya untuk beberapa pemakai
5. Menangani Interrupt
6. Menyiapkan catatan pemakai


Penerjemah Bahasa Komputer
> Bahasa Generasi Pertama, Bahasa Mesin (machine language) 
> Bahasa Generasi Kedua, Assembler
> Bahasa Generasi Ketiga, Compiler dan Interpreter
> Bahasa Generasi Keempat, Bahasa Alamiah 4GL, memungkinkan programmer atau pemakai menginstruksikan computer apa dan bagaimana operasi tersebut dilakukan.
Dibawah ini yang termasuk kedalam generasi bahasa keempat :
1. Database Query Language
2. Modelling Language, khusus dirancang untuk pembuatan model matematika. Contoh : GPSS
3. Very High Level Language : PACSAL, APL
4. Graph Generators : paket grafik
5. Report Writer : COBOL, RPG
6. Aplication Generators : Program aplikasi pembayaran gaji


Perangkat Lunak Aplikasi
1. Pemrograman Sendiri : Perusahaan menempatkan spesial informasi untuk melakukan tugas merancang sistem berbasis computer yang memenuhi kebutuhan unit perusahaan. 

2. Paket Jadi 
Ada empat kelompok besar :
> Paket aplikasi bisnis umum
> Paket aplikasi khusus industri
> Paket aplikasi peningkatan produktivitas organisasi
> Paket peningkatan produktivitas perorangan


c. Peranan Peralatan Input dan Output serta software dalam pemecahan masalah
Keseluruhan komponen perangkat input, output dan software dapat berperan langsung maupun tidak langsung dalam pemecahan masalah. Semuanya saling behubungan dan mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya. Perangkat input dan output berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal perangkat keras, sedangkan perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi membantu para manajer untuk meningkatkan produktivitas organisasi dan perorangan, dengan menyederhanakan penciptaan dan transmisi data.
III. KESIMPULAN

Komponen dalam computer satu sama lain saling mendukung dan bila salah satunya tidak bekerja dengan baik akan mengganggu dan membuat computer tidak akan bekerja sebagaimana mestinya. Seperti pada proses jika tidak ada inputan maka tidak ada proses karena computer tidak mengetahui apa yang harus di kerjakan jika tidak ada inputan, sedangkan output tidak bisa di hasilkan jika proses atau CPU tidak berjalan normal meski ada inputan, dan lagi suatu aplikasi tidak bisa berjalan tanpa adanya OS (Operating System) yang menjadi pendukung dan Os pun juga tidak bisa berjalan tanpa adanya CPU.
IV. DAFTAR PUSTAKA
> http://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur_komputer
> http://wilva.blogspot.com/2011/03/peralatan-input.html
> http://anisyahputri.blogpot.com/2010/11/v-behaviorurldefaultvml-o.html




 
         







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar